Minggu, 02 Februari 2014

PENGERTIAN SISTEM OPERASI (OS) DAN PROGRAM APLIKASI

SISTEM OPERASI

Sistem operasi (OS) merupakan sebuah program yang berfungsi mengatur sumber daya hardware dan software yang dimiliki oleh komputer. Sistem Operasi memproses sistem mentah dah merespons masukan dari user dengan cara mengalokasikan dan mengatur task serta sumber daya sistem internal sebagai layanan ke user atau program yang berjalan di sistem .
Sebagai sistem paling dasar, sistem operasi melakukan tugas - tugas dasar seperti pengendalian dan alokasi memori , memprioritaskan permintaan sistem ( System request ) , mengendalikan peranti input dan output , memfasilitasi jaringan dan mengatur sistem file.
Kebanyakan sistem operasi telah dilengkapi dengan aplikasi yang menyediakan antarmuka ke sumber daya yang di atur oleh sistem operasi . aplikasi - aplikasi ini dahulu lazim menggunakan antarmuka CLI ( Command Line Interface ) , namun kini lazim menggunakan antarmuka GUI ( Graphical User Interface ) untuk memudahkan operasi. Sistem operasi sendiri sebenarnya tidak memiliki antarmuka dan penggunanya adalah aplikasi dan bukan seorang manusia .
Sistem operasi membentuk sebuah platform agar bisa menjalankan software sistem maupun software aplikasi lainnya. Contoh Sistem Operasi yang terkenal adalah : Microsoft windows , Linux dan Mac OS. sistem operasi selain mementingkan fungsionalitas nya juga kini lazim menawarkan fitur tambahan berupa tampilan antarmuka yang menarik.


PROGRAM APLIKASI

Program Aplikasi adalah komponen yang berguna melakukan pengolahan data maupun kegiatan - kegiatan seperti pembuatan dokumen atau pengolahan data.

Progam aplikasi adalah bagian PC yang berinteraksi langsung dengan user . Program aplikasi berjalan di atas sistem operasi , sehingga agar program aplikasi bisa di aktifkan. Anda perlu melakukan Instalasi sistem operasi terlebih dahulu .
contoh program aplikasi yang lazim terdapat di perkantoran adalah Office Suite , Misalnya Microsoft Office dan Open Office yang terdiri dari paket pengolah kata ( Ms.Word, Open Office Writer, angka ( Ms. Excel, Open Office Calc), presentasi ( Ms. Open Office ) dan database ( MS acces , Open Office Base )
Selain Software perkantoran di atas, ada beberapa aplikasi lain yang bisa Anda gunakan di komputer. Perangkat lunak grafis : untuk melakukan pengolahan gambar . 
Perangkat lunak jaringan : membuat komputer bisa digunakan untuk keperluan jaringan .
Perangkat lunak desain Web dan Browser : untuk membuat dan melihat web
Perangkat lunak internet : untuk memanfaatkan berbagai layanan internet .
Perangkat lunak komunikasi : memungkinkan Anda memanfaatkan komputer untuk menghubungi orang lain
Perangkat lunak Utility : untuk memperbaiki dan merawat komputer , terutama sistem operasinya.
Perangkat lunak hiburan dan pendidikan : Untuk bersenang- senang dan belajar.
Perangkat lunak pembuat multimedia : untuk membuat dan mengolah video dan film
Perangkat lunak pemrograman : untuk membuat perangkat lunak di komputer.


0 komentar:

Posting Komentar