Minggu, 02 Februari 2014

ARTI SEBUAH KOMPUTER


Komputer artinya sangat luas , tidak terbatas hanya pada komputer personal (PC) yang ada di rumah atau kantor saja .
Arti sebuah komputer
A computer is a machine for manipulating data according to a list of instructions. maksudnya adalah sebuah mesin untuk memanipulasi data menurut perintah - perintah tertentu .
Bentuk fisik komputer sangat bervariasi.Komputer jenis pertama bentuknya bisa sepenuh ruangan . Hal ini karena teknologi pada saat itu belum bisa membuat peranti dengan ukuran kecil,apalagi dengan belum ditemukannya teknologi produksi chip yang memiliki satuan mikron . Selain besar ,komputer zaman dulu juga memerlukan daya yang lebih dibandingkan komputer modern.
Perkembangan Teknologi elektronika membuat ukuran komputer menyusut dan performanya pun meningkat. di zaman modern ini ,komputer bisa di temui dalam berbagai jenis produk , dari mulai  komputer super, PC, laptop, kulkas, oven microwave, mobil, bahkan jam tangan sekalipun.
Komputer ukuran kecil umumnya sangat hemat pemakaian daya listriknya sehingga bisa di operasikan hanya dengan baterai kecil .
Komputer besar pada umumnya digunakan melakukan riset yang memerlukan kemampuan komputasi yang super. Misalnya di NASA , universitas , atau institusi riset lainnya.
Masyarakat pada umumnya hanya mengenal komputer dalam bentuk PC, seperti laptop atau komputer desktop. Padahal komputer yang banyak dipakai di dunia sebenarnya adalah komputer jenis embedded (di tanamkan atau dilekatkan pada peranti lainnya ).misalnya seperti komputer di ponsel, pesawat terbang, mainan anak-anak, hingga di mobil.

Dari pengertian di atas , Anda dapat mengetahui bahwa komputer memiliki sifat - sifat berikut :
1. Fungsinya melakukan manipulasi data menurut instruksi - instruksi tertentu.
2. Bentuknya bermacam - macam , ada yang berupa komputer PC, komputer  untuk pembuatan pesawat , jam tangan , bahkan mainan anak - anak .
3. Komputer terdiri dari dua perangkat . yaitu perangkat keras ( Hardware) dan perangkat lunak (software)

0 komentar:

Posting Komentar